Minggu, 26 November 2017

RPP Bahasa Indonesia SMP K-13 Revisi



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan                : SMP
Mata Pelajaran                      : Bahasa Indonesia
Tahun Pelajaran                   : 2017/2018
Materi  Pelajaran                  : Memilah Unsur-Unsur Pembangun Puisi
Kelas/Semester                      : VIII/Ganjil
Alokasi Waktu                       : 2 JP (1 Pertemuan)

1.      Kompetensi Inti
1.      Menghargai dan Menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.      Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.      Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.      Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

2.        Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar (KD)
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.7  Mengidentifikasi unsur-unsur pembangun teks puisi yang diperdengarkan atau dibaca.
3.8  Menelaah unsur-unsur pembangun teks puisi (perjuangan, lingkungan hidup, kondisi sosial, dan lain-lain) yang diperdengarkan atau dibaca.
3.7.1        Menjelaskan Pengertian Teks Puisi
3.7.2        Menganalisis Unsur-unsur (fisik) teks Puisi (perjuangan, lingkungan hidup, kondisi sosial, dan lain-lain)
3.8.1        Menjelaskan Unsur-unsur Pembangun (batin) teks puisi
3.8.2        Menemukan unsur-unsur pembangun teks puisi (perjuangan, lingkungan hidup, kondisi sosial, dan lain-lain) yang diperdengarkan atau dibaca.
4.7  Menyimpulkan unsur-unsur pembangun dan makna teks puisi yang diperdengarkan atau dibaca.
4.8  Menyajikan gagasan, perasaan, pendapat dalam bentuk teks puisi  secara tulis/ lisan dengan memperhatikan unsur-unsur pembangun puisi
4.7.1        Memahami isi puisi dan jenis-jenis puisi
4.7.2        Membuat kesimpulan tentang unsur-unsur pembangun dan makna teks puisi yang diperdengarkan atau dibaca.

4.8.1        Membuat gagasan, perasaan, pendapat dalam bentuk teks puisi  secara tulis/ lisan dengan memperhatikan unsur-unsur pembangun puisi
4.8.2        Membacakan puisi (Ekpresi, Lafal, Tekanan, Intonasi
4.8.3        Musikalisasi puisi
3.        Tujuan Pembelajaran
Setelah pembelajaran selesai, siswa diharapkan dapat :
1.      Menjelaskan Pengertian Teks Puisi
2.      Menganalisis Unsur-unsur (fisik) teks Puisi (perjuangan, lingkungan hidup, kondisi sosial, dan lain-lain)
3.      Menjelaskan Unsur-unsur Pembangun (batin) teks puisi
4.      Menemukan unsur-unsur pembangun teks puisi (perjuangan, lingkungan hidup, kondisi sosial, dan lain-lain) yang diperdengarkan atau dibaca.
5.      Memahami isi puisi dan jenis-jenis puisi
6.      Membuat kesimpulan tentang unsur-unsur pembangun dan makna teks puisi yang diperdengarkan atau dibaca.
7.      Membuat gagasan, perasaan, pendapat dalam bentuk teks puisi  secara tulis/ lisan dengan memperhatikan unsur-unsur pembangun puisi
8.      Membacakan puisi (Ekpresi, Lafal, Tekanan, Intonasi)
9.      Menampilkan musikalisasi puisi

4.        Materi Pembelajaran
1.         Menemukan Unsur-Unsur Pembentuk Puisi
·      Pengertian Puisi
·      Unsur-Unsur Fisik Puisi
2.         Menyimpulkan Isi Puisi
·      Isi Puisi
·      Jenis-Jenis Puisi
3.         Memilah Unsur-Unsur Pembangun Puisi
·      Unsur-Unsur Batin Puisi
-          Tema (Sense)
-          Perasaan (Feeling)
-          Nada (Tone)
-          Amanat (Intention)
4.         Mari Berpuisi dengan Indah
·      Menulis Puisi
·      Pembacaan Puisi yang Baik
·      Musikalisasi Puisi

5.        Kegiatan Pembelajaran
a.      Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
1)   Mengondisikan suasana belajar yang menyenangkan disertai dengan pemutaran video.
2)   Mengecek penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya, yaitu  tentang unsur-unsur fisik puisi dengan cara memberikan pertanyaan secara lisan
3)   Menyampaikan kompetensi yang akan dicapai, yaitu mampu memahami dan menganalisis unsur-usur batin puisi dan menunjukkan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari, yaitu mampu menemukan dan memahami maksud/perasaan suka atau sedih penyair melalui puisi
4)   Menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan
5)   Menyampaikan lingkup penilaian, yaitu  afektif, kognitif, dan psikomotor dan teknik penilaian yang akan digunakan, yaitu penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampian.
6)   Melakukan pretest tentang unsur batin teks puisi “Gadis Peminta-minta”

b.      Kegiatan Inti (60 menit)
·         Mengamati (Pemodelan)
1)   Siswa mengamati pembacaan puisi “Hujan Bulan Juni” yang ditayangkan guru melalui multimedia (LCD)
2)   Siswa mencermati puisi dan mencatat usur-unsur pembangun (unsur batin) puisi (sejauh yang dipahami)
3)   Siswa mencatat pendapat awal siswa tentang unsur-unsur batin puisi
·         Menanya
1)   Guru menunjuk beberapa orang siswa untuk mengajukan sejumlah pertanyaan yang berkenaan dengan unsur-unsur batin puisi.
2)   Guru dan siswa mencatat pertanyaan-pertanyaan yang diberikan siswa dan memilih pertanyaan yang akan dijadikan fokus pembelajaran.
·         Menalar
1)   Guru mengarahkan siswa untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang telah dirumuskan.
2)   Guru meminta siswa untuk membaca paparan materi dalam buku siswa dan sumber lainnya yang relevan. (Sumber lain disediakan guru dalam slide)
3)   Guru meminta siswa untuk mencatat dan mendaftarkan unsur-unsur batin puisi yang ditemukan.
·         Mengasosiasi
1)   Guru memperdalam pemahaman siswa tentang unsur-unsur pembangun puisi dengan mengerjakan latihan pada Kegiatan 4.5 A
2)   Guru melakukan penilaian proses berdasarkan kinerja siswa dalam  menyelesaikan latihan-latihan tersebut.
·         Mengomunikasikan
1)   Guru meminta beberapa siswa membacakan hasil pekerjaaannya.
2)   Guru meminta siswa yang lain untuk memberikan tanggapan.
3)   Guru melakukan penilaian terhadap ranah afektif dalam bentuk jurnal.

c.       Kegiatan Penutup (10 menit)
1)      Guru memfasilitasi peserta didik membuat butir-butir simpulan mengenai unsur-unsur batin puisi.
2)      Guru bersama-sama peserta didik melakukan evaluasi pembelajaran.
3)      Melakukan postest tentang unsur batin teks puisi “Gadis Peminta-minta”.
4)      Guru guru memberi umpan balik peserta didik dalam proses dan hasil pembelajaran dengan cara memberikan penguatan atau apresiasi bagi siswa terbaik.
5)      Guru menyampaikan kegiatan belajar yang dikerjakan sebagai PR yaitu menemukan unsur-unsur batin puisi “Surat dari Ibu”.
6)      Guru memberitahukan kegiatan belajar yang akan dikerjakan pada pertemuan berikutnya, yaitu menyimpulkan dan menulis puisi.

6.        Metode Pembelajaran
·         Pendekatan Saintifik

7.        Media/Alat, Bahan, Sumber Belajar
1.      Media/Alat
·         Video/film : Never give up , believe in yourself (youtube)
·         Video/film: Sapardi Djoko Damono. Hujan Bulan Juni. 2015. Sketsagram rekavisual. 01 Nov 2017.
·         Video/film: Toto Sudarto Bachtiar. Gadis Peminta-Minta. 2016. Sasa crt. 06 Nov 2017.

2.      Bahan
·         LCD 1 buah
·         Laptop 1 buah
·         Loud speaker 1 set
3.      Sumber Belajar
·         Buku siswa: Kosasih, E. 2017. Bahasa Indonesia Kelas VIII Edisi Revisi. Jakarta: Kemdikbud RI. (282hlm)
·         Buku guru: Kosasih, E. 2017. Bahasa Indonesia Kelas VIII Edisi Revisi. Jakarta: Kemdikbud RI. (144hlm)
·         Internet : https://www.youtube.com/watch?v=r8lNH6M0t_8
·         Internet : https://www.youtu.be/lblksN0KIIQ

8.        Penilaian
1. Teknik penilaian
a.  Sikap (spiritual dan sosial)
     Observasi (jurnal)
b.  Pengetahuan
Tes tertulis
c.  Keterampilan
Kinerja

2.  Instrumen Penilaian
      Pertemuan pertama (terlampir)

3.  Pembelajaran Remedial
Kegiatan pembelajaran remedial diberikan pada peserta didik yang belum mencapai ketuntasan belajar sesuai hasil analisis penilaian. Kegiatan yang dilakukan dapat berupa pemanfaatan tutor sebaya dalam menentukan unsur-unsur batin puisi “Gadis Peminta-Minta”.

4.  Pembelajaran Pengayaan
Berdasarkan hasil analisis penilaian, peserta didik yang sudah mencapai ketuntasan belajar diberi kegiatan pembelajaran pengayaan untuk perluasan dan/atau pendalaman materi (kompetensi) antara lain dalam bentuk tugas mengerjakan analisis unsur batin puisi “Sajak”.




Koto Raja,   Oktober  2017
Mengetahui,

Kepala SMPN 3 Siak Kecil,                                                   Guru Mata Pelajaran,



Tidak ada komentar:

Posting Komentar